・B・R・E・N・D・A・

...Here you'll find all sides of Brenda...

8D7N Traveling ke Jepang, total biaya termasuk akomodasi, tiket pesawat, biaya makan + sekoper oleh-oleh = 11 juta rupiah
Sekarang.. Brenyot dengan senang hati berbagi tips mudah dan hemat untuk travel ke negeri sakura.

Pertama,
Karena judul nya mau hemat, mending tunggu ada promo dari perusahaan penerbangan low cost seperti AirAsia. Jangan terburu-buru, mending berangkat tahun depan, sekalian nabung ngumpulin duit buat liburan..

Kedua,
Bookinglah hostel jika member yang akan bepergian dengan kita itu tidak lebih dari 2 orang (jadi total ada 3 orang termasuk diri sendiri). Harga semalam hostel di jepang perorang rata-rata 200ribuan IDR, jadi kalau bertiga kan 600ribuan IDR semalamnya.
Atau kalau mau nginap nya di hotel, pilih hotel yang low budget seperti: Tune Hotel (*untuk sekedar bermalam di KL karena esok ada penerbangan pagi2), di jepang ada toyoko-inn dan mystays yang memiliki cabang banyak sekali (dimana-mana juga ada)..

Saat booking, pilih jenis kamar untuk berdua, dan check in pun dengan 2 orang saja (dengan menyertakan paspor untuk dicopy sama si resepsionis hotel), terus yang 1 orang lagi kemana? tunggu aja di luar hotel sebentaran aja, nongkrong dulu aja di minimart (7Eleven / FamilyMart / Lawson / Ministop) yang pada umumnya terletak di sisi yang berdekatan dengan hotel.

Ahaha, ingat ya, jangan berlebihan juga, kamar untuk 2 orang, tapi mau dimuatin sama 4 orang dewasa aja udah bakalan sempit pake banget sampe2 gerak di dalem kamar pun susah.. maksimal untuk bertigaan sekamar lah udah paling bener.. Ukuran kamar standar di jepang itu relatif sangat kecil daripada umumnya hotel di negara lain.

Ketiga,
Ngurus Visa Jepang itu GAMPANG BANGET!
Cuma 2 hari kerja juga jadi.. yang perlu diingat, lengkapi semua berkas yang diminta seperti tertera di website kedutaan jepang, jangan lupa untuk booking dulu tiket PP pesawat dan penginapan (hotel/hostel) seluruh hari saat di Jepang, dan letakkan berkas secara berurut dengan masa berakhirnya paspor tidak kurang dari 6 bulan, SO PASTI VISA PUN AKAN ANDA MILIKI.. yihaaaaa..

Keempat,
Belilah Japan Rail Pass yang kelas Ordinary di outlet JALan Tour yang ada di Indonesia, salah satunya yang ada di Wisma KYOEI Prince di Sudirman.. Nantinya coupon JR Pass ini harus ditukarkan terlebih dulu di exchange counter JR yang terletak di stasiun2 besar Jepang. Untuk yang 7 days pass, harga seorang dewasa yakni JPY 29110. (whatt? mahaal amat?) 
Hmm, harga segitu jangan buru-buru dibilang mahal, itu untuk unlimited kita bepergian selama di Jepang selama 7 hari dengan shinkansen (bullet train) dan kereta-kereta lokal/rapid atau ekspress yang dikelola oleh perusahaan Japan Rail.. Khusus untuk turis lhoh ini, belinya juga harus di luar Jepang.

Mau seharian keliling dari Osaka - Kyoto, Kyoto - Nagoya, Nagoya - Tokyo, sampe balik lagi ke Osaka, or sampe bosen naik itu shinkansen pun bisaaa.. asalkan naik shinkansen nya yang tidak terkecualikan dalam kebijakan pihak Japan Railways.
Untuk detilnya silahkan kunjungi web mengenai Japan Rail Pass ini -> http://www.japan-guide.com/e/e2361.html

Kelima,
Kalau naik AirAsia, Pesanlah makanan terlebih dulu secara online, biar murah.. dan in my opinion, kita gak usah beli bagasi dulu saat pergi, tapi belilah bagasi untuk pulang dari Jepang ke Jakarta. Hemat sekian ratus ribu rupiah lhoooh dengan beli bagasi hanya untuk perjalanan pulangnya.. Dan pastikan bagasi untuk kabin tidak lebih dari 7kg. Tidak perlu bawa pakaian banyak sekalipun bepergian di musim panas, karena hampir di semua hotel/hostel punya mesin laundry dengan mesin pengering dengan koin seharga 200 JPY untuk cuci, dan 100 JPY untuk mengeringkan.

Beli makanan nya pun, jangan rakus..wkwk, perjalanan dari Jakarta ke Kuala Lumpur hanya 2 jam toh, sedangkan Kuala Lumpur ke Nagoya perlu 7 jam. Secukupnya saja beli makanan untuk yang durasi penerbangannya lebih lama.
Contoh (*berdasarkan pengalaman gw kemarin):
CGK-KUL = no baggage, no meal
KUL-NGO = no baggage, meal: 'Chicken Teriyaki Rice' = 50ribu IDR
NGO-KUL = baggage 20kg, meal: 'Kimchi Chicken Duruchigi Rice' = 50ribu IDR
KUL-CGK = baggage 20kg, no meal

EXTRA TIPS:
Berhubung orang jepang sangat sedikit yang bisa berbahasa inggris alias gak ngerti kalau diajak ngomong sama turis macem kita dengan bahasa inggris, SO.. GW SANGAT MENYARANKAN, print lah alamat hotel dan tempat tujuan pariwisata yang hendak dikunjungi dengan huruf katakana/hiragana/kanji nya Jepang.

Jadi kalau mau nanya arah gimana supaya bisa sampai di suatu tempat, yaa kita tinggal nyodorin kertas itu.. Aaah supaya kerenan dikit, bolehlah praktikin 1 kalimat bahasa jepang saat bertanya.
Kira-kira kronologis nya akan seperti ini:
Kita:     (nemuin orang yang mau ditanya)
            Sumimasen~
Orang:  Haik
Kita:     [....................] wa doko desuka? (*titik-titik itu diisi dengan nama yg kita mau tuju)
            misal: nanya hotel Daiichi itu dimana, jadi "Daiichi Hotel wa doko desuka?" 
            --> nah pas ngomong, sodorin lah kertas prinan dengan huruf jepang tadi.. 
Orang:  $%#E*(@$)(@#W%$# (*bahasa jepang ntah berantah)
Kita:     (*ngasi muka bingung)
            (*Bilang aja, lurus kah atau belok kiri atau belok kanan,
            biasanya sii kalau sekedar lurus/belok kiri/belok kanan mereka 
            ngerti dan bisa manggut/angguk2 atau geleng2..
            Left? Go straight? or Right?
......
jangan lupa ucapkan Arigatou Gozaimasu sambil membungkuk setelah selesai bertanya..


Setelah membaca dan mengingat baik-baik kelima hal diatas, gw jamin kalian sudah jauh lebih siap untuk jalan-jalan ke Jepang secara mandiri dengan hemat tapi meriah.. ahahahha.. *applause*


-- Bonus Cerita -- 
Gw juga mau berbagi itinenary selama 8D7N (8 hari 7 malam) di Jepang 
saat liburan lebaran 2014 ini..


Day 1 [25 July 2014]

On 18:35pm, depart from Terminal 3 Soekarno Hatta Airport, AirAsia QZ206 to KLIA2 Airport Kuala Lumpur. Arrival time: 21:35pm. Transit for few hours and then depart from KLIA2 with AirAsia D7546 on 00:45pm,  arrival time at Nagoya 08:30am.

Day 2 [26 July 2014]

Arrived at Nagoya Centrair Airport, Chubu. Use Meitetsu Railways to reach Nagoya Station, it takes 30 minutes and costs 870 yen by non-reserved seat and 1230 yen by reserved seat.
Check In first at Daiichi Fuji Hotel
第一富士ホテル
13-17 Tsubakicho, Nakamura Ward, Nagoya, Aichi Prefecture 453-0015
To access the Hotel use the "Taiko-Dori" Side exit walk straight ahead until you see some traffic lights. Cross the street and walk straight and take the first road to the left. Walk about 20 meters and you will see the hotel on the left hand side of the street.

Take a nap 2-3 hours in hotel, after that go sightseeing around ESCA Underground shopping mall, and take a soba as a dinner..

TIPS MAKAN HEMAT:
Karena di Jepang banyak sekali minimart, belilah onigiri, bento, dan banyak jenis makanan beku lain di minimart dan panaskan langsung di microwave toko. (Sushi, Salad, Gyoza, Bubur, Katsu Curry, Tempura, Udon, Ramen, Nasi Putih Polos, Mashed Potato, Aneka Pasta, Pudding, aneka dessert unik dan enak).

Atau, untuk menu halal, kalian bisa makan di Yoshinoya juga untuk beef bowl seharga 300++ JPY.
Bisa beli tempura di Lawson dan nasi putih yang dipanaskan di microwave toko juga sudah mengenyangkan.

Day 3 [27 July 2014]

Still stay at Daiichi Fuji Hotel.
One day city tour, Meguru Loop Bus. (Price: 500JPY)
Complete route here 

Kemarin kami sudah standby di halte meguru nya dari jam 9, bus paling pagi akan berangkat jam 9.30, pergi nya ke: Toyota Museum, Nagoya castle, Nagoya TV Tower, Hirokoji-Sakae, Fushimi, lalu menyudahi meguru loop bus, dan beralih menggunakan subway Tsurumai Line dan turun di Osu Kannon Station (170 JPY) untuk menuju Osu Kannon temple, jalan-jalan dulu di Osu Kannon shopping arcade yang merupakan area luassss se-komplek bermacam-macam toko (makanan,pakaian,aksesoris,sepatu,anime/hobby shop, toko buah, dll yang relatif murah, karena disana ada DAISO 100Yen dan Seria 100Yen yang lumayan komplit.. ahahaha lumayan laah bisa cucimata~

Di sisi depan temple ada restoran jepang (sebelahnya 7eleven) yang enaaak dan murah, mereka menjual: yakimeshi (nasi goreng), gyoza (dumpling), udon, beef yakiniku, unagi, chicken karaage atau bento2 lain, dsb..

Day 4 [28 July 2014]
Go to Tokyo with Tokaido Shinkansen. Departure time: 08.17am
For all of shinkansen complete schedule please open this website.

Check in at Hotel MyStaysHamamatsucho.
ホテルマイステイズ浜松町
1 Chome-18-14 Hamamatsucho, Minato, Tokyo 105-0013
港区浜松町11814, 芝/東京タワー, 東京, 日本, 1050013
 Important Notes, How To Get There:
·         6 minutes' walk from the North exit of Hamamatsucho Station on the JR Yamanote Line.
·         2 minutes' walk from exit A2 of Daimon Station on the Toei Asakusa and Toei Oedo Lines.

One day city tour around central Tokyo.
  • Shibuya
    Foto dulu sama Hachiko statue di depan Shibuya St, lanjut jalan-jalan ke Shibuya 109 Mall.
  • Ikebukuro, Go to SEIBU Ikebukuro, BUY KIT KAT!Kit Kat Chocolatory, the store will open on January 17 at the Seibu Department Store in Tokyo's Ikebukuro (east exit of Ikebukuro Station). It will be located in Seibu's basement.

  • Harajuku, 
    Sightseeing di Takeshita Street, disana banyak toko yang jualan crepes, aneka aksesoris ekstrim ala harajuku, dan jalan-jalan di Omotesando area, khususnya mengunjungi Kiddy Land (5 lantai) dan Oriental Bazzar untuk beli suvenir khas jepang.
  • Ueno
    Menuju Ueno Station, untuk menjelajahi Ameyoko Market, disana itu segala jenis makanan / bahan masakan kering / buah-buahan / seafood tersedia dalam versi dikeringkan, dan ada pula manisan. (contoh: scallop, ikan, nori, udang, manisan strawberry, dll)
  • Asakusa
    Sightseeing at Sensoji Temple, Asakusa Temple, and Nakamise Shopping Street.
    Saat masuk, kita langsung akan melihat deretan toko2 penjual makanan dan souvenir khas jepang seperti gantungan kunci, magnet kulkas, patung2, pajangan, dll yang berbau jepang. Setelah puas berbelanja disana, sekarang lanjut ke Sensoji Temple.
    Disini kita bisa mencoba mengocok ramalan, jadi ada kaleng yang isinya sumpit yang ditulis nomor, nomor itu adalah nomor rak untuk menentukan rak mana yang harus kita pilih. Di dalam rak akan ada lembaran yang berisi ramalan untuk pribadi kita sendiri. Kita perlu membayar 100 JPY untuk mencobanya.  
INFO PENTING:
JR Pass yang kita punya bisa digunakan untuk rute pada gambar diatas.
Jadi jangan beli tiket lagi.
Peta lengkap JR bisa dilihat di sini


Day 5 [29 July 2014]

Still stay at MyStaysHamamatsucho Hotel - DisneySea Tour.
JR Yamanote Line (from Shinagawa/Hamamatsucho to Tokyo), and finally JR Keiyo Line use Local or Keiyo rapid (from Tokyo to Maihama). This costs ¥690 via Keikyu, or ¥760 via the Tokyo Monorail, and will take about 1 hour.
As you exit JR Maihama Station (舞浜), the Tokyo Disney Resort Welcome Center is immediately to your left.The Welcome Center is also the place to purchase park tickets, the Resort Gateway Station of the Disney Resort Line monorail.
1-Day Passport: You can enter Tokyo Disneyland or Tokyo DisneySea all day long with this ticket but not both. Adult (18+) ¥6,200

Go to Tokyo Sky Tree, buy tokyo banana at Skytree station


Day 6 [30 July 2014]

Go to Atami with JR Pass, use Tokaido Shinkansen. 
One day tour Hakone, Lake Ashi.
Check In at Toyoko Inn Atami Ekimae.
東横INN熱海駅前
124, KasugachoAtamashi, 熱海市春日町124,熱海, 伊豆/熱海, 日本, 4130005
Check In first at hotel. Leave luggage, going back to Atami Station, go to Odawara Station with Shinkansen or Local Trains. With Shinkansen, departure time at 10.32am.

Don't Forget to Buy Hakone Free Pass at Odawara Station.

From hotel to Hakone Tourist Spot
Go to Odawara St from Atami St, buy Hakone Free Pass 4000 JPY. Use Hakone Free Pass to use Hakone Tozan Railway (箱根登山電車, Hakone Tozan Densha).
The Hakone Tozan Line consists of two sections. The lower section from Odawara to Hakone-Yumoto is used by Odakyu trains from central Tokyo and is not particularly noteworthy. Far more spectacular is the upper section from Hakone-Yumoto to Gora, which is served by the small mountain trains. At Gora, many travelers transfer to the cable car for Lake Ashi.

Day 7 [31 July 2014]

Breakfast, 08.00am check out from hotel.
Go to Atami Station, take a train to go to Kyoto.Departure time: 08.26am

Arrive at Kyoto, check in at Ibis Styles Kyoto Station Hotel.
イビススタイルズ京都ステーションホテル

47 HIGASHIKUJO KAMITONODACHO, MINAMI KU
南区東九条上殿田町47, 京都駅   

City tour with City Bus All Day Pass (500 JPY) around Kyoto (Nishiki Market, Kyoto Imperial Palace, Kiyomizudera, Ginkakuji, Gion)

Day 8 [01 August 2014]

In the morning, go sightseeing at Osaka(大阪). Checkout from hotel first.
3 hours sightseeing at Osaka City Center, south / Minami.
Rent a locker for luggage at Shin Osaka Station.
From Osaka or Shin-Osaka station, take a local trains to JR Namba subway station.
Go to Dotonbori canal. It is a popular shopping and entertainment district and is also known as a food destination. After that, going back to Shin-Osaka Station.Train to Nagoya depart on 15.00pm

CheckIn at MyStays Nagoya Sakae Hotel.
ホテルマイステイズ名古屋栄
2-23-22, Higashisakura, Naka-ku, Nagoya-shi, Aichi 460-0005, Japan.
中区東桜22322,名古屋駅周辺, 名古屋
7 minutes' walk from exit 5 of Sakae Station.
Approximately 50 minutes by train from/to Chubu Centrair International Airport (Centrair).

Lanjut shopping di Central Park Sakae, dan underground shopping mall dan mitsukoshi dept store sampe malem.. Lumayan kan ngabisin waktu karena hari terakhir.. Oiya diseberang hotel MyStays Sakae ini ada waserba yang juga berfungsi sebagai apotik yang menjual aneka barang termasuk kosmetik dan snack. Disitu kitkat green tea nya jauh lebih murah daripada yang ada di Tokyo. 1 Bag isi 12 itu harganya 230 JPY. Borong kitkat deh.. ahaha 

Day 9 [02 August 2014]

Use Meitetsu Railways to reach Chubu Airport and costs 870 yen by Limited Express non-reserved seat and 1230 yen by reserved seat.
 On 09:35am, depart from Chubu International Airport with AirAsia D7547. Arrival time at Kuala Lumpur: 15:45pm. Depart from KLIA2 with AirAsia QZ225 on 20:00pm, arrival time at Jakarta 21:00pm.
SAYONARA, NIPPON !!

Finally,
Kembali ke kehidupan nyata..
Welcome home~ 

Selesai sudah petualangan 8 hari di Jepang yang berlalu begitu cepat..
Thanks Jesus, sudah menyertai perjalananku..
Thanks Papa, Thanks Mama, sudah berbagi kisah petualangan indah dan mempercayaiku menjadi tour guide dadakan selama disana.

KESIMPULAN:
  1. Liburan ke Jepang itu BISA DI HEMAT dan GAK MAHAL
  2. Bikin Visa itu sangat mudah, cuma 2 hari jadi
  3. Gak semua makanan di Jepang itu MAHAL
  4. Orang jepang itu mayoritas tidak bisa berbahasa inggris
  5. Orang jepang itu sangat amat luar biasa ramah
  6. Variant Kit Kat sangat banyak, redbean, grean tea, matcha sakura, sakura, strawberry, strawberry cheesecake, dark chocolate,dll
-BrB-

0 comments:

Post a Comment